Skip to main content

Tips Menanam Dan Merawat Tanaman Hortensia

Tips Menanam Dan Merawat Tanaman Hortensia - Hortensia berbunga menarik. Bunganya yang ungu tumbuh menggerombol dengan manisnya dan hampir tidak pernah berhenti. Berikut ini cara merawatnya.

Tanaman Hortensia ( Foto @U-Report )

Hortensia ( Hydrangea macrophylla ) dari famili Saxifragaceae, berupa asemak dengan bunga bergerombol yang elok. Tak heran kalau ia banyak di manfaatkan sebagai penghias taman, sedang bunganya sendiri yang dipotong sebagai penghias jambangan. Agar tumbuh dan subur, hortensia minta di tanam di tanah yang kaya akan humus. Dan agar rajin berbunga, tanaman minta ditanam di tempat yang terbuka, terkena cahaya langsung tetapi juga yang agak teduh.

Bisa Diperbanyak Dengan Setek Batang
Untuk memperbanyak hortensia tidaklah sulit, cukup dengan setek batangnya saja. Caranya, pilih saja hortensia yang diameternya sebesar pinsil. Bahan setek bisa diambil dari batang bagian tengah atau bawah tetapi biasanya yang dari bagian tengah akan lebih cepat berakar.

Pemotongan dilakukan miring bersudut 45". Masing - masing potongan sepanjang 15-20 cm. Agar mendapatkan hasil yang bagus dan tidak rusak sebaiknya pemotongan dilakukan dengan menggunakan pisau yang taja, Potongan yang bagus perlu diusahakan karena di situlah nanti akar - akar baru akan muncul. Bila pada bagian yang akan ditancapkan di tanah ditumbuhi daun, sebaiknya daun - daun tersebut di buang. Kini bahan setek telah siap untuk di tanam.


Media Tanam Dan Penanamannya
Hortensi bisa ditanam di pot maupun di halaman. Yang perlu di ingat hanyalah : tanaman ini memerlukan tanah yang subur, agak porous, dan bisa menyimpan air. Bila hortensia di tanam di pot, media tanamannya sebaiknya menggunakan humus daun saja, sedangkan bila ditanam di halaman cukup hanya dengan menggemburkan bagian tanah yang akan ditanami sedalam 10-15 cm.

Setek ditancapkan sedalam 7-8 cm dan tanah di sekelilingnya dipadatkan supaya setek berdiri kuat. Hortensia bisa ditanam berderet dengan jarak tanam 25-30 cm. Biasanya sekitar 1-1,5 bulan kemudian akarnya telah tumbuh lebat. Ini bisa ditandai dengan munculnya tunas - tunas baru.


Pemupukan
Bila tunas telah muncul, inilah saatnya memberikan pupuk kandang sebanyak 2 genggam per tanaman. Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan di kiri-kanan atau di sekeliling tanaman dengan cara dibenamkan sedalam 10 cm. Jangan lupa untuk menutupnya dengan tanah lagi. Selanjutnya pemupukan diberikan 2 minggu sekali, masing - masing 2 sendok makan campuran urea, TSP dan KCI pertanaman. Caranya sama dengan cara pemberian pupuk kandang.

Perawatan Lain
Bila sedang tidak hujan, Hortensia perlu disiram setiap hari. Bila hujan turun penyiraman tak perlu dilakukan lagi. Penyiraman yang teratur penting sekali diberikan karena tanaman ini menyukai tanah yang agak lembab.

Masalah lain yang perlu diperhatikan adalah mencegah serangan kutu. Untuk itu sebaiknya sebulan sekali tanaman disemprot Bayrusil dengan konsentrasi 1 cc / 1 air.

Selain upaya - upaya di atas, ada baiknya tanah di sekeliling tanaman digemburkan. Sebaiknya tiap 2 minggu sekali dan dibentuk guludan dari tanah sebelah kiri dan kanan tanaman.

Dengan penanaman dan perawatan yang baik, 3 bulan setelah penanaman biasanya bunga pertamannya akan muncul menguak dengan indahnya. Bunganya memang indah dan tanamannya hampir - hampir tidak pernah berhenti berbunga. Begitu bunga yang lama mulai pudar warnannya, yang lain sudah mekar dengan cantiknya dan sudah ada yang siap dengan kuncup barunya.

Popular posts from this blog

Banyaknya Kasus Mesum Di Indonesia dan Video Mesum ABG Indonesia

Banyaknya Kasus Mesum Di Indonesia dan Video Mesum ABG Indonesia - Kini Remaja Indonesia sudah tidak lagi seperti dulu yang sopan santun, ramah dan memiliki etika dan pernah juga menyuarakan "Sumpah Pemuda" Remaja Jaman Sekarang ini sungguh tidak bisa di tiru oleh generasi penerusnya. Banyak sekali di jaman ini Kasus ABG Mesum di Indonesia, banyak kampung - kampung yang menangkap adanya ABG Mesum . Tidak hanya Kasus ABG Mesum saja di Indonesia ini, bahkan kini mereka dengan senang dan niatan untuk membuat Video Mesum ABG Indonesia . tentu hal ini sudah tidak di dasari dengan Iman dan etika. Seharusnya ABG Indonesia tahu mengenai dosa dan larangan Agama mengenai perbuatan Zina ini. Sungguh sangat di sayangkan mari cobalah para Remaja Indonesia tahan sedikit kesenangan kita sesaat, tahan hingga batas waktunya nanti. cobalah berpikir nanti dosa yang akan menimpa dan azab yang akan di berikan oleh Allah SWT jika kita melakukan hal seperti itu. dan marilah berpikir le

Segarnya Embun Pagi Hari

Bangun pagi Pukul 04.30 WIB, dan memandang luar rumah yang masih gelap, usai Sholat Subuh. Berjalan pagi menikmati Embun Pagi hari rasanya benar-benar membuat hati ini tenang. Ingin rasanya setiap pagi bisa seperti ini, menghirup udara yang masih segar, masih belum terkontaminasi dengan asap-asap kendaraan. Alangkah sedihnya jika pagi hari seperti ini di masa yang akan datang isinya hanya gedung-gedung belantara yang tinggi menutupi keindahan embun pagi yang menempel di dedaunan pohon. Pembangunan itu baik tapi jika terlalu banyak juga tidak baik, bumi butuh pohon, pohon butuh bumi dan tentunya manusia butuh keduanya. Akhhhhhhhhhhhhhh.....................................................

Lagu - Lagu Terkenal Yang Bisa Bikin Semangat

Sekedar Share Aja Buat Yang Sedang Butuh Semangat Untuk Menjalani Hari - Hari. Cobalah Dengarkan Lagu - Lagu Di Bawah Ini Saat Anda Akan Mengawali Hari Anda. Lagu - Lagu Terkenal Yang Bisa Bikin Semangat - Musik menjadi satu perantara menyatakan sesuatu perasaan dan ternyata manfaat Musik tidak hanya di situ saja terkadang mendengarkan musik bisa membuat kita semangat dan meyakini sesuatu hal yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Berikut ini beberapa daftar lagu yang bisa bikin hari - hari lebih semangat : We Are Champions ( Queen ) - Lagu yang satu ini di setiap pagelaran olahraga pasti selalu terdengar di kala pemberian hadiah dengan mendengarkan lagu We Are Champions ini biasanya para atlit semakin terharu kala menerima piala kemenangannya. Reach ( Gloria Estefan ) - Lagu yang mengandung makna dalam ini membuat kita lebih semangat menjalani hari - hari penuh keyakinan karena semua itu berawal dari mimpi dan harapan maka kita bisa mewujudkan sesuatu. One